Bagaimana Psikodrama Mensikapi New Normal Pasca Pandemi Covid 19 ?


Dunia ini panggung sandiwara ceritanya mudah berubah,…. demikian lirik sebuah lagu yang terkenal di abad 20 lalu. Masih tetap relevan dapat dijadikan inspirasi dalam melihat situasi Normal Baru yang terjadi.

Dalam istilah drama situasi yang ada oleh Stanislavski disebut Given Circumtance, atau situasi terberi. Keadaan yang diberikan diterapkan pada setting total kondisi lingkungan dan situasional yang mempengaruhi tindakan yang dilakukan setiap aktor dalam drama. New Normal adalah Given Circumtance ini.

Moreno Bapak Psikodrama mengajak tiap orang untuk berani menjadi Protagonis, aktor utama bagi drama hidupnya. Tokoh utama yang menjadi pusat dan menentukan jalannya cerita hidupnya, segala keputusannya haruslah menjadi penentu. Setiap orang diajak siap menghadapi dan mengatasi persoalan yang muncul. Persoalan yang berasal dari peran lain, situasi dan kondisi lingkungan dan yang utama mengatasi persoalan yang ada pada dirinya sendiri.

Kehidupan adalah Pentas Drama, New Normal adalah setting Given Circumtance, dan setiap orang adalah  Protagonisnya. Aktor yang baik akan memahami situasinya dan menyiapkan diri membangun karakter diri yang sesuai peran yang dibutuhkan.  Ia akan mengolah 3 instrumen yang ada dalam dirinya yaitu Pikiran, Perasaan, serta Tubuhnya (sebagai alat dalam bertindak). ( Pelatihan Dasar Keaktoran )

Pikiran Aktor harus diisi dengan pemahaman dan fakta fakta yang ada,  bahwa Covid 19, masih ada disekitarnya. Virus yang mudah menular antar manusia lewat udara dan benda benda yang dipakai bersama. Adanya Protokol kesehatan yang perlu dipahami maksud dan tujuannya. Ada juga pihak berwenang yang mengawasi dan memberi sangsi. Serta pemahaman akan konsekuensi terhadap pelanggaran dalam penerapannya. Baik secara fisik, Sosial, Psikologis, maupun Spiritual.

Perasaan Aktor  dibangun tetap optimis dan gembira agar terbangun imunitas tubuhnya. Perlu juga memiliki bela rasa yang terwujud dalam sikap peduli terhadap orang lain, dengan pemahaman bahwa penularan virus dapat terjadi dari orang yang merasa dirinya sehat. Turut memiliki rasa tanggung jawab sosial dalam mencegah penularannya.

Tindakan aktor dengan tubuhnya, memiliki kebiasaan baru. Lebih banyak melakukan aktivitas di rumah saja apabila tidak ada kepentingan yang mendesak untuk bepergian.  Olah raga atau meditasi di rumah saja. Bercocok tanam di pekarangan yang ada, bercengkrama bersama anggota keluarga.

Apabila harus keluar rumah mengikuti protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pihak berwenang serta disebar di media sosial. Aktor akan mengenakan kostum yang baru, yaitu masker. Perilaku baru dengan menjaga jarak fisik saat bertemu dengan orang lain. Aktor memiliki kebiasaan baru lebih peduli terhadap kebersihan dan sanitasi, sering muncuci tangan dengan hand sanitizer, atau sabun sebelum masuk ruangan.

Nah, bagi aktor, New Normal adalah persoalan teknis biasa dalam menyiapkan pentas baru. Bahkan dalam hal ini dapat diibaratkan tetap dengan skenario cerita lama hanya settingnya yang baru. Karakter masih tetap dapat dipertahankan, maka cukup lakukan beberapa penyesuaikan untuk mensikapi beberapa properti baru, kostum baru, komposisi baru dan mungkin beberapa dialog atau perilaku yang baru. Meskipun demikian aktor yang baik tetap serius dan sungguh sungguh dalam beradaptasi agar pentas dapat memuaskan semua pihak.

Yogyakarta, 26 Mei 2020

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.