Sebenarnya Lebih Banyak Penyesalan, Namun itu Menjadi Alasan untuk Perbaikan


ya,…kala aku memikirkan apa yang telah aku lakukan, dan aku renungkan. Banyak kesalahan yang telah kuperbuat. Menyakiti orang orang yang peduli padaku. Membuang kesempatan diriku untuk maju. Ada juga hutang yang belum aku bayar, baik finansial maupun moral. Sementara waktu terus melaju.

Beruntung aku pernah mengikuti proses retret pengolahan diri. Diajak untuk sejenak berhenti dan merefleksi, perjalanan hidup yang telah aku lalui. Banyaknya kesalahan yang telah aku lakukan namun aku tetap dapat menjadi seperti sekarang. Kutemukan diri, aku merasa orang yang dikasihi. lewat ingatan pada peristiwa peristiwa pengalaman dicintai.

Saat aku masih bayi, aku sangat disayangi oleh orang tuaku, kudapatkan ceritanya dari tetanggaku. muncul juga di ingatanku, waktu bersama bapak dan ibuku saat kanak-kanakku. Saat puncak kenakalanku, pemberontakan masa remajaku, aku memiliki sahabat sahabat yang setia sampai saat ini.  Aku juga masih dapat pulang ke rumah yang hangat memelukku.

Mulai aku mandiri, menghabiskan hasil kerjaku sendiri, untuk kesenanganku pribadi, orang tuaku tetap mengerti, bahkan pada saat aku hampir frustasi karena keadaan ekonomi pribadi, mereka tetap bersedia memberi.

Pembimbing rohaniku, menyatakan padaku bahwa Tuhan Maha Pengampun, dosa dosaku, tak bakalan mampu mengalahkan besar Rahmat Kasih-Nya. Ini kabar gembira bagiku dan aku percaya, serta meyakininya.

Selanjutnya beliau, memberikan pemahaman, bahwa aku telah diampuni maka aku pun diminta mengampuni orang yang bersalah padaku.  Aku telah menerima kabar gembira, maka aku juga diminta menyebarkannya. Bukan hanya dengan kata kata, melainkan tindakan nyata yang membuat orang lain bersuka cita.

Sesalku adalah alasanku menjadi lebih baik, makin dalam kesalahan dan dosaku, makin aku dimampukan memahami kerapuhan kemanusiaanku. Saat aku rapuh, Rahmat-Nya menyeluruh.

Yogyakarta, 8 Juni 2020

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.