Hari Orang Tua dan Anak dari Animasi Boruto


Terinspirasi dari film serial Boruto,  Naruto Next Generation, Episode Hari Orang Tua dan Anak. Disana diceritakan pentingnya membangun hubungan yang baik antara orang tua dan anak. Sebuah refleksi pada saat menjalani Karantina Mandiri di rumah aja.

Naruto sebagai Hokage, pemimpin tertinggi Desa Konoha, memiliki kesibukan yang luar biasa sehingga jarang bertemu dengan anak-anaknya, Boruto dan Himawari. Pada hari itu Ia libur dan menghabiskan waktunya bersama anak-anaknya. Begitu juga Sasuke, tangan kanan Narotu, yang sering dinas luar, menjalankan misi ke dimensi lain, pada hari itu menghabiskan waktunya bersama Sarada Uchiha.

Di film animasi tersebut digambarkan juga semua orang tua dan anaknya menikmati waktu bersama. Mereka hadir bertemu fisik, bergandengan tangan menghabiskan waktu bersama yang berkualitas.

Para orang tua, memberikan waktu pada anak-anaknya, memberikan apa yang menjadi keinginan anak, apa yang mendatangkan kebahagian yang didapat dari orang tuanya. Waktu bersama yang berkualitas akan menjadi kenangan bagi anak, akan menentukan arah hidup dan memberikan kekuatan kala anak menghadapi kesulitan di hidupnya kelak.

Selama masa Pandemi Covid 19, banyak orang tua tidak lagi harus bekerja meninggalkan rumah. Mereka melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home/WFH), begitu juga anak anak tidak bisa pergi ke sekolah karena harus menjaga jarak fisik (physical distancing) dengan orang lain, untuk mencegah penularan Virus Corona. Mereka semua akan melakukan aktivitas di rumah. Orang tua bekerja di rumah, anak-anak belajar di rumah.

Apakah mereka melakukan aktivitas bersama, saling berinteraksi?

Apakah waktu yang dihabiskan sama sama di rumah, merupakan waktu bersama yang berkualitas?

Apakah selama masa WFH, betul betul anak merasakan kehadiran orang tua yang mencintai nya?

Mari kita renungkan.

Yogyakarta, 15 Juni 2020

Retmono Adi

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.