MEMBUMIKAN LITERASI #Goresanku 150


Membaca adalah memahami rangkaian makna, bukan hanya sekedar mengeja tulisan. Artinya, pandai membaca adalah proses yg terus dipelajari, jauh sesudah kita menggabungkan suku kata yang berarti. Maka, pembaca jagoan adalah yang terus mengusahakan pengenalan lingkungan, bukan sekedar melafalkan tulisan.

Belajar membaca tidak sederhana. Dimulai dari bayi membaca emosi diri dan mengobservasi apa yang terjadi. Anak yang membedakan kanan dan kiri, mengeksplorasi bunyi dan pengalaman lain yang kadang tidak disadari, tetapi sebenarnya bagian dari persiapan literasi dini.

Berada di lingkungan yang kaya tulisan, seperti papan pengumuman atau koran di meja makan cukup untuk menunjukkan kepada anak tentang pentingnya peraturan dan membuatnya mengenal pesan. Namun, tidak ada yang lebih berkesan daripada orang dewasa dan teman sebaya yang meneladankan kegemaran bertukar pikiran setelah menikmati bacaan. Karena dengan terlibat percakapan, anak belajar mendengarkan dan membuktikan kekuatan gagasan.

Membaca bisa menjadi kunci perubahan, karena motivasi utama membaca adalah sikap ingin tahu.
Dalam beberapa hal, kemampuan mempertanyakan belum dibiasakan. Kadang sedih melihat banyak latihan menghafalkan buku sebagai dalih pembenaran, tetapi sedikit kesempatan untuk mendiskusikannya untuk menggali kebenarannya.

Kesukaan pada buku disepakati sebagai ciri orang berilmu. Kadang heran juga saat mendengar membaca jadi hobi, tapi perilaku yang ditampilkan menunjukkan hanya kosakatanya yang beragam, tanpa bukti keterbukaan pada kebhinnekaan pandangan.

Pendidikan membaca bukan sekedar ceritera yang penting untuk masyarakat di atas kertas. Mari mulai mendidik untuk membaca buku dengan aktif, bukan sekedar aktif membaca buku. Kita perlu terus jatuh cinta pada bacaan karena sesungguhnya kemerdekaan di setiap halamannya adalah kesempatan melakukan perubahan sepanjang hayat.

PANDAI MEMBACA ADALAH PROSES YANG TERUS DIPELAJARI, JAUH SESUDAH KITA BISA MENGGABUNGKAN SUKU KATA YANG BERARTI. PEMBACA JAGOAN ADALAH YANG TERUS MENGUSAHAKAN PENGENALAN LINGKUNGAN, BUKAN SEKEDAR MELAFALKAN TULISAN.

( Semua Murid Semua guru )

Ditulis kembali oleh Kusuma

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.