KOMUNIKASI EFEKTIF VS TIDAK EVEKTIV #Goresanku 151


Kita punya pilihan setiap kali berinteraksi dengan anak. Biasakan kita memilih cara yang merangsang komunikasi yang baik dan mencoba melakukannya dengan rutin. Sebagian kita tahu dan pernah menggunakan semua cara ini. Yang menyedihkan seringkali cara yang dipilih hanya itu-itu saja, tetapi mengharapkan hasil yang berbeda.

Komunikasi efektif meningkatkan kualitas percakapan dan juga kelancarannya. Sebaliknya komunikasi tidak efektif biasanya satu arah, anak ingin segera berhenti dan kembali pada dunianya sendiri.

Bila kita ingin memperbaiki hubungan, jelas bahwa pilihan komunikasi menjadi penting, termasuk penting juga diawal untuk ” memaksakan diri ” menggunakan cara yang jarang dipakai, sampai perlahan menjadi kebiasaan baru yang dinikmati.

Empati adalah salah satu kemampuan dasar orangtua yang sangat esensial. Yang penting diingat, empati berarti memahami mengapa anak melakukan sesuatu, mencari tahu pola dan penyebabnya, bukan berarti memperbolehkan anak melakukan apa saja. Yang diterima perasaannya, sementara tingkah lakunya harus dibatasi. Marah karena bukunya dirusak adik tidak apa, tetapi memukul adik tidak bisa diterima.

Sebelum berbicara tentang hubungan yang baik dengan anak, pastikan kebutuhan dasar semua sudah terpenuhi. Anak sulit bekerjasama saat lapar, orangtua sulit mengendalikan emosi saat kurang tidur. Anak akan marah-marah saat berada di situasi baru atau dituntut melakukan sesuatu yang ia belum siap secara tahap perkembangan.

Orangtua dan anak juga selalu butuh waktu menunggu dan transisi saat ada konflik. Jadi, jeda dan waktu diantara percakapan, mengecek dan memastikan terpenuhinya hal-hal yang mendasar juga sangat penting.

Apabila hal ini sudah terpenuhi, perbanyak mendengarkan anak untuk menceriterakan apa yang dialaminya walaupun tidak langsung saat itu juga. Mendengar dan mencoba memahami adalah dasar EMPATI.

Ditulis kembali oleh Kusuma

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.