STIMULASI ANAK USIA DINI #Goresanku 153


Orangtua dan orang dewasa di sekitar anak sangat menentukan kualitas kehidupan anak dan perkembangannya yang optimal melalui apa yang dilakukan atau tidak dilakukan di lima tahun pertama. Anak mengalami periode sensitif dalam belajar, memiliki keingintahuan alamiah yang sangat besar dan berkembang pesat secara fisik dan mental di bagian awal kehidupannya. Semakin baik stimulasi di usia dini, anak akan semakin siap menghadapi tahap selanjutnya, bisa lebih maju dan tidak kehilangan kesempatan atau mengalami kesenjangan dalam perkembangan.

Semua orangtua bisa memberikan stimulasi yang tepat pada anak, tanpa perlu pendidikan yang tinggi atau peralatan mahal. Yang dibutuhkan adalah kelekatan dan kedekatan emosional, ketersediaan waktu, keragaman interaksi antara anak dengan pengasuh utamanya serta lingkungan sekitar yang mendukung.

Banyak anak yang dirugikan di usia dini karena peran pengasuh yang berganti, rutinitas yang tidak dibiasakan, atau deteksi dini yang tidak terjadi hingga masalah menumpuk tanpa intervensi.

Semakin banyak peran yang terlibat dan berbagi tanggung jawab pengasuhan di usia dini, serta melakukan pola asuh yang sesuai, akan semakin optimal stimulus yang dialami anak.

Setelah usia dini, diharapkan disposisi positif dalam diri anak sudah semakin kuat dan anak lebih siap untuk terus belajar mandiri dan beradaptasi pada lingkungan yang lebih besar di luar rumah.

BUAH HATI

Ditulis kembali oleh Kusuma

Penulis: retmono

.....Psikolog yang menyenangi Drama/Teater, Psikodrama ...demi kehidupan yang lebih baik,.....mari belajar, dan saling berbagi.....

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.