Renungan Akhir Tahun dan Resolusi ; Berani Menyatakan, Inilah yang Kuperjuangkan Sepenuh Hidupku ?


Terinspirasi dari jawaban seorang peserta ajang kompetisi pencari bakat yang mengatakan diawal audisi bahwa, inilah hidupku, yang kuperjuangkan dengan sepenuh hidupku, (whole life ) Louisa Johnson – The X Factor 

Sebuah jawaban yang berani !

Totalitas !

Ditanggapi Simon Cowell dengan bertanya lebih lanjut, “Apa yang kau maksud dengan sepenuh hidupmu ?”

Aku tidak ingin menjelaskan apa jawaban selanjutnya dari Louisa Johnson yang akhirnya menjadi juara The X Factor UK di tahun 2015 lalu. Aku ingin mengajak kita semua berani mengungkapkan hal seperti itu. Sebuah bentuk sikap dari Manusia Paripurna yang sampaikan Budiman Sudjadmiko dalam Philofest ID 2020 – Day 1 menit ke 1:34:40.

Manusia yang memiliki 3 C, yaitu Cinta yang besar, Cita atau Harapan atau memiliki tujuan hidup yang jelas, dan  Cipta membuahkan karya nyata yang bermanfaat bagi orang lain.

Jadi hal yang perlu direnungkan untuk akhir tahun ini apakah aku berani menjawab dengan yakin dan total. Apa yang telah aku lakukan di tahun ini? Apakah aku melakukan sudah dengan sepenuh Cinta? Apakah yang kulakukan mengarah pada tujuan hidupku ? Apakah aku sudah menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain? 

Apabila masih belum mampu menjawab, masih ada waktu untuk mulai menyusun Resolusi untuk tahun depan. Tidak perlu merasa gagal, karena keberanian dalam menentukan jawaban tersebut dibutuhkan latihan dan pengalaman yang cukup.

Umur kronologis serta pendidikan formal bukan faktor yang menentukan, melainkan keberanian untuk menyelami kedalaman diri, dan jujur pada diri sendiri, belajar dari pengalaman hidup sendiri.

Pemahaman itu akan didapatkan dari pengalaman yang didukung oleh  kesadaran, oleh karena itu perlu segera dimulai saat ini agar pengalaman nantinya disadari sepenuhnya.

Yuks, mulai….menggali 3C kita, Cinta, Cita dan Cipta !

Temukan Apa yang betul-betul disukai, (hobby, atau sesuatu yang membuat senang). Tentukan puncak prestasi yang dapat dicapai dari hal itu (berani saja menentukan, nanti boleh berubah puncaknya mengikuti perkembangan situasinya), dan wujudkan dalam karya yang bermanfaat bagi dunia (orang lain). 

Semoga membantu.

Silahkan disebarkan kepada yang mungkin membutuhkan.

Terima kasih.

Yogyakarta, 09 Desember 2020

Retmono Adi

2 tanggapan untuk “Renungan Akhir Tahun dan Resolusi ; Berani Menyatakan, Inilah yang Kuperjuangkan Sepenuh Hidupku ?

  1. Wah menariiik, Pak. Beneerr banget. Ketika berawal dari melakukan hobby, sesuatu yang mungkin kelihatannya sederhana, tapi kalau ditekuni bisa menjadi sesuatu hal yang bermanfaat. Ketika hobby dapat membangkitkan cinta dalam diri seseorang yang kemudian menuntunnya untuk menemukan jati dirinya, mengarahkannya pada kebaikan sehingga kehidupannya menjadi lebih bermakna dan bermanfaat tentunya. Saya jadi semakin yakin sih, ketika seseorang melakukan hal yang disukai biasanya dia akan melakukannya dari hati… karena sesuatu hal yang dilakukannya dari hati pasti akan sampai ke hati orang lain..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.