Rekontruksi adalah Penerapan Teknik Psikodrama untuk Psikologi Forensik


Sedang ramai Rekontruksi perihal bentrokan baku tempak antara Polisi dan Laskar FPI yang mengakibatkan tewasnya 6 orang anggota FPI. Aku tidak ingin membahas mengenai kontraversi antara berbabagi pihak mengenai peristiwa tersebut. Aku ingin menyatakan bahwa Rekonstruski tersebut juga merupakan penerapan Teknik Psikodrama.

Marbun dalam Kamus Politik mengartikan rekonstruksi adalah pengembalian sesuatu ke tempatnya yang semula, penyusunan atau penggambaran kembali dari bahan-bahan yang ada dan disusun kembali sebagaimana adanya atau kejadian semula. Jika sesuatunya berupa kejadian atau peristiwa dapat diartikan mempertunjukkan kembali peristiwa yang telah terjadi.

Tujuan dari Rekonstruski ini agar dapat dilihat kembali peristiwa itu, dan dianalisa secara komprehensif untuk mendapatkan makna yang logis, juga untuk mendapatan bukti bukti baru yang sering terungkap dalam proses rekonstruksi ini. Dengan makin lengkapnya bukti yang dapat diterima akal sehat atau makin sesuai dengan kenyataannya, Proses hukum dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Psikodrama dalam tahap Action melakukan “rekonstruksi” pengalaman atau peristiwa dari Protagonis. Pengalaman Protagonis di Roleplay-kan kembali (Teknik Playback), sehingga dapat dilihat dengan berbagai sudut pandang dengan demikian diharapkan protagonis dapat menemukan makna baru dari pengalamannya itu. Makna baru ini dapat menjadi penyemangat dalam proses hidupnya sekarang dan selanjutnya.

Jadi dapatlah dinyatakan bahwa rekonstuksi peristiwa yang sering digunakan olah aparat penegak hukum, adalah  Teknik Playback dalam Psikodrama. Maka aku yang Praktisi Psikodrama berani menyebutkan bahwa rekonstruksi adalah salah satu penerapan teknik Psikodrama dalam ranah Forensik.

Yogyakarta, 20 Desember 2020

Retmono Adi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.