Cerita Pendek ; Drama Perjuangan Hidup Prita #13 Akhir yang Bahagia


Satriaku

Suatu sore aku kebingungan mencari Satria. Dia belum makan sejak pagi. Biasanya dia selalu mengeong dan mengendus-endus kakiku saat lapar. Biasanya kalau lapar dia tidak bisa tidur nyenyak. Kucari-cari di dalam rumah, kupanggil namanya berkali-kali, ternyata dia ada di teras, sedang tertidur nyenyak dekat pot tanaman. Mungkin dia baru saja berburu tikus, pikirku. Tapi di dekatnya kulihat ada bekas makanan yang bentuknya mirip seperti whiskas. Biasanya aku memberinya potongan ayam paha rebus. Lalu siapa yang memberinya whiskas?

“Nama kucingmu sama seperti namaku. Apa kau sengaja memberikan nama itu?”

Aku terdiam mendengar suara itu. Aku tidak berani berbalik badan. Langkahku terhenti. Mataku untuk sesaat tidak berkedip. Perlahan aku menoleh ke belakang. Ada Rio di situ. Aku terkejut, apakah ini nyata atau aku hanya sedang bermimpi saja?

Tiba-tiba mataku berkaca-kaca melihat sosoknya yang muncul seperti kejutan. Saat itu musim hujan, di luar cuacanya akhir-akhir ini sering dingin. Dia mengenakan sweater cokelat muda buatanku. Dia menatapku, matanya juga berkaca-kaca. Sebelum aku bicara, dia bicara lagi, “apa kabar, Prita? Aku merindukanmu.”

Aku masih terdiam, tubuhku mendadak jadi kaku. Aku tidak bisa berkata apa-apa untuk sesaat. Rio mendekat dan tiba-tiba dia memelukku. “Aku mencarimu ke mana-mana selama setahun belakangan ini. Aku mencoba menghubungimu sejak hari pertama kau meninggalkan rumahku, tapi nomormu tidak aktif. Aku takut terjadi apa-apa padamu. Aku kira aku tidak akan pernah bisa bertemu denganmu lagi. Tapi beruntungnya, Bu Tunjung mengabariku.”

“Aku kira kau sudah menikah, Rio.”

“Tidak, aku lagi-lagi menolak perjodohan orang tua angkatku. Hari ini kau sibuk tidak? Kau sudah makan belum? Bisakah kita membicarakan semuanya dari awal sambil makan?”

Kami makan di sebuah kafe yang agak jauh dari rumahku. Dia makan dengan lahap. Sedangkan aku mendadak tidak nafsu makan karena aku sangat senang melihat kehadirannya. Awalnya suasana mendadak kikuk, aku bingung harus memulai percakapan dari mana.

Dia mulai mengawali pembicaraan, “Kenapa tidak kau makan makananmu?”

“Aku sudah makan tadi. Jadi, dalam rangka apa kau menemuiku?” Dalam hati aku tidak berharap apa-apa. Aku hanya ingin langsung ke inti. Siapa tahu dia hanya membutuhkan pembantu di rumahnya.

Setelah selesai makan, dia meminum kopinya. Dia menatapku dan bilang, “sejak tragedi pelukan itu, sebenarnya aku tidak bisa berhenti memikirkanmu, Prita. Saat itu aku sibuk menyangkal perasaanku sendiri. Aku juga tidak ingin menjadikanmu sebagai pelampiasan atas rasa sakit hatiku dengan masalah yang menimpaku saat itu. Sejak kau pergi, rumahku menjadi sepi. Aku merasakan kekosongan itu. Aku merindukan sosokmu, tawamu, senyummu, hadirmu, obrolan kita, hampir setiap hari. Aku menyesal tidak lagi mengajakmu bicara seperti dulu. Setelah kupikir-pikir lagi, aku tidak ingin kau menjadi teman atau adikku. Aku ingin lebih dari itu.

“Ayahku sudah bercerai dengan ibuku, Prita. Dia menikah lagi dan sekarang dia lebih fokus dengan kehidupan barunya. Pada akhirnya dia membebaskanku untuk memilih jalan hidupku sendiri. Jadi, maukah kau mengulang semuanya bersamaku dari awal? Aku ingin suatu saat nanti kita bisa menikah dan tinggal bersama di rumahku lagi. Aku sudah terlanjur menyayangimu sejak awal kita bertemu…”

 

TAMAT 

Dari aku yang bukan Prita

Dalam Rumah Rio, 16 Desember 2020

Satu tanggapan untuk “Cerita Pendek ; Drama Perjuangan Hidup Prita #13 Akhir yang Bahagia

  1. Wah ceritanya kereeeen bangeeeet….aku share ke temen-temen ku yaaa. Cerpen ini mudah di cerna, banyak sekali pembelajarannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.