Resolusi Tahun 2020 Gagal ? ya Membuat Lagi Saja untuk Tahun 2021 !


Resolusiku tahun 2020 (…. perlu memiliki 1000-an postingan, agar dapat jumlah kunjungan hariannya relatif stabil di atas 100. Sekarang sudah ada 650-an, sehingga kurang 350, kurang lebih bisa dipenuhi dengan sehari upload satu tulisan dalam setahun…). tidak tercapai, boleh dibilang gagal. Hanya tercapai 800 postingan, jadi tahun 2020 hanya sekitar 150 postingan saja. Itu juga ada tambahan dari tulisan teman. Banyak alasan yang dapat kupaparkan namun aku memilih untuk menerimanya saja.

Ada juga sedikit capaian yang cukup menyenangkan di akhir tahun, yaitu per hari sudah ada100 pageviews lebih  menurut statistik. Semoga capaian ini dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan. 

Tahun lalu aku mengikuti pelatihan digital marketing secara daring demi meningkatkan kualitas dan daya tarik web. Maka tahun ini resolusiku cukup mempraktekkan hasil pelatihan tersebut. Aku yakin bahwa dengan menerapkan hasil pelajaran tersebut dapat menyelesaikan PR resolusi tahun 2020. 

Awal tahun ini sudah tercapai 800 postingan, jadi tinggal 200 lagi agar tercapai 1000. Ini menjadi resolusiku tahun 2021. Jadi dapat dikatakan resolusiku tahun 2021 tinggal melanjutkan resolusi tahun lalu saja. Reolusi ini cukup menantang karena tahun lalu selama setahun hanya 150 postingan, tahun ini 200 postingan. Ada perlu kerja lebih untuk membuat 50 postingan lagi.

Ada tambahan resolusi baru untuk Tahun 2021 ini. Aku akan menulis sebuah buku mengenai Psikodrama. Beberapa teman sudah menyarankan hal itu. Kupikir sudah cukuplah bahan yang kumiliki untuk dijadikan tulisan. Aku sudah mengatakan hal ini pada mereka, sengaja agar aku punya “hutang” dan ditagih oleh mereka. Aku jadikan penyemangat dan pengingat, mengikuti kata Rendra :

“…dan perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata.”

Karena situasi tahun ini masih belum pasti, aku membuat resolusiku dalam satu bentuk aktivitas saja, yaitu menulis.  agar lebih mudah fokus. Sementara untuk aktivitas sehari-hari aku dapat berimprovisasi spontan. Tentunya masih banyak aktivitas lain, jika hal itu mendukung tercapainya resolusiku, akan aku prioritaskan, jika tidak, akan aku jadikan prioritas selanjutnya.

 

Yogyakarta, 08 Januari 2021

Retmono Adi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.