Kepribadian Ganda yang Sehat


Multiple Personality Order

Originally posted on July 6, 2018

Bukan gangguan, (disorder) ini sehat kok (order), paling tidak tertib lah tidak kacau. Aku adalah Board-Certified Psychiatrist dan ada “kondisi” yang disebut Gangguan Kepribadian Ganda. Saya ingin menyarankan adanya bentuk sehat yang disebut tatanan kepribadian ganda, juga dikenal sebagai keterlibatan sehat dalam banyak hal. Kepribadian orang memang bisa sangat bervariasi!

Penerapan Konsultasi Dengan Diri Kita Yang Lain

Teori peran J. L. Moreno, M.D. (1889-1974) sebagaimana saya modifikasi membuka pintu ke pendekatan revolusioner. Kami bukan hanya satu orang, tetapi sebuah perhubungan, ilusi diri yang mengoordinasikan banyak peran. Moreno menyarankan ini — Diri muncul dari peran! Akhir-akhir ini sejumlah besar orang juga telah sampai pada kesimpulan ini, dan ada kegunaan besar yang muncul dari gagasan seperti itu.

Tentu saja ada peran mayor dan minor — dan dalam beberapa hal peran utama menjadi peran minor — bahkan mungkin tidak relevan — dalam keadaan tertentu. Peran peran itu memiliki cara yang lucu — beberapa terlibat erat dalam peran lain dan beberapa agak terisolasi. Juga peran-peran yang penting dalam beberapa fase kehidupan menjadi ketinggalan zaman atau tidak relevan, dan kadang-kadang peran-peran tertentu menjadi seperti remaja (secara harfiah!) Saat liburan atau ketika seseorang bertambah tua.

Tidak perlu membuat klasifikasi yang kaku untuk ini:

Katakan saja mereka bergeser.

Cukup untuk saat ini.

 

Terjemahan bebas dari: Multiple Personality Order oleh Adam Blatner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.