7 Langkah Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis


Bagaimana keterampilan analitis Anda?

Keterampilan berpikir analitis, seperti keterampilan lainnya, adalah alami bagi beberapa orang tetapi tidak bawaan untuk semua orang. Anda harus memiliki minat, dorongan, dan ketekunan untuk mempelajari topik tertentu untuk memperoleh keterampilan ini. Lagi pula, mengembangkan seperangkat keterampilan analitis adalah seperti keterampilan lain yang membutuhkan latihan dan penerapan. Jika Anda siap untuk meningkatkan keterampilan analitis Anda, silahkan baca terus.

Mengapa Anda Membutuhkan Keterampilan Berpikir Analitis di Tempat Kerja?

Keterampilan berpikir analitis sangat penting di tempat kerja. Ini penting untuk mengumpulkan data, memecahkan masalah yang kompleks, membuat keputusan rasional, serta meringkas data dan melaksanakan proyek yang dipikirkan dengan matang. Saat Anda melamar pekerjaan, banyak manajer perekrutan melihat keterampilan khusus ini bersama dengan keterampilan kerja yang sangat diinginkan lainnya untuk menentukan apakah Anda cocok untuk perusahaan. Jelas, ini adalah keterampilan yang harus diperoleh dan diasah setiap karyawan untuk dapat menaiki tangga karier.

7 Langkah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis Anda

Jika Anda merasa keterampilan berpikir analitis Anda perlu ditingkatkan atau Anda hanya ingin meningkatkannya, berikut beberapa strategi yang dapat Anda lakukan:

1. Jadilah Pengamat yang Jeli

Jalan-jalan di luar atau amati orang-orang di kantor Anda. Gunakan sebanyak mungkin indra Anda, lihat apa yang terjadi di sekitar Anda. Adakah yang menarik minat Anda? Ingatlah Anda harus secara aktif melibatkan pikiran Anda.

2. Membaca buku-buku

Sekali lagi, kunci untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis Anda adalah dengan menjaga pikiran Anda tetap aktif dan berjalan. Baca buku dan coba lakukan strategi membaca aktif: baca dan cerna secara proaktif serta tanyakan apa yang Anda baca. Anda dapat menyoroti, mengajukan pertanyaan, membaca dengan lantang, atau membuat prediksi untuk tetap terlibat dengan bahan bacaan Anda.

3. Pelajari Bagaimana Segala Sesuatu Bekerja

Jangan hanya menemukan solusinya, tetapi ketahuilah bagaimana tepatnya hal-hal tertentu bekerja. Dengan meneliti bagaimana segala sesuatunya bekerja, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang proses yang sangat penting dalam merangsang keterampilan analitis Anda.

4. Mengajukan pertanyaan

Tahukah Anda bahwa rasa ingin tahu membuat kita lebih pintar? Menurut Ahli Saraf Aracelli Carmago, “Semakin kita penasaran tentang suatu subjek, semakin ia melibatkan fungsi kognitif kita, seperti perhatian dan memori.” Dengan demikian, mengajukan lebih banyak pertanyaan dapat membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, retensi, dan memori subjek yang lebih baik. Jadi jangan malu untuk bertanya, terutama jika kueri Anda valid.

5. Mainkan Game Otak

Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan berpikir analitis, mungkin inilah saatnya untuk bermain Sudoku atau permainan otak lainnya seperti teka-teki, catur, atau teka-teki silang. Bagian terbaik dari mengerjakan permainan otak untuk mengembangkan kumpulan keterampilan analitis Anda adalah menyenangkan dan tidak membutuhkan banyak motivasi untuk memulai.

6. Latih Keterampilan Pemecahan Masalah Anda

Ingatlah bahwa untuk setiap masalah, selalu ada solusinya. Visualisasikan dan artikulasikan dalam presentasi konsep tertentu. Siapkan dua, tiga atau bahkan lebih solusi untuk suatu masalah. Dan, jika memungkinkan, lakukan pengujian pada solusi tersebut. Lihat mana yang terbaik dan paling logis.

7. Pikirkan Tentang Keputusan Anda

Membuat keputusan penting di tempat kerja sangat umum. Jadi, berpikirlah keras dan rasionalkan keputusan Anda. Apa pro dan kontra dari keputusan Anda? Mintalah pendapat ahli jika tersedia atau lakukan penelitian ekstensif. Tanyakan pada diri Anda, apakah ini solusi terbaik untuk masalah ini? Ambil langkah mundur untuk memikirkannya kembali, dan akhirnya Anda bisa memutuskan.

Pada akhirnya, seperti pengembangan keterampilan lainnya, Anda harus banyak berlatih dan mengaplikasikannya. Belajar dari pengalaman sehari-hari Anda. Kemudian, latih keterampilan analitis Anda sampai itu muncul secara alami.

 

Terjemahan bebas dari:

7 Steps To Improve Your Analytical Thinking Skills

October 19, 2017, Career Transition

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.