Percakapan 3 Putaran untuk Panduan Tahap Refleksi di Psikodrama


Psikodrama memiliki 3 tahapan utama, yaitu Warming Up, Action, dan Refleksi atau Integrasi. Nah, tulisan ini adalah untuk panduan pada tahap ke 3 dari Tahapan Psikodrama yaitu Refleksi atau Integrasi. Aku dapatkan dari materi acara retret online via zoom yang disampaikan oleh Rm Petrus Sunu Hardiyanta, S.J.

Dalam retret tersebut ada refleksi dan Rm Sunu SJ, memberikan panduan refleksinya secara tertulis. Pada akhir acara aku minta ijin dari Beliau untuk aku gunakan dalam praktek psikodrama dan menuliskan ulang di sini agar dapat dipelajari dan dilakukan banyak orang. Beliau mengijinkannya.

Yuks kita pelajari bersama dan mempraktekkan Percakapan 3 Putaran.

Percakapan 3 putaran ini adalah teknik Appreciate Inqury. Menurut (Cooperidder, 2005) pendekatan apresiatif merupakan sebuah pendekatan kooperatif dan ko-evolusioner untuk memperoleh hal-hal terbaik dalam diri manusia, organisasi, dan lingkungan di sekitarnya.

Proses appreciative inquiry adalah proses belajar, proses menggali hal-hal yang terbaik, faktor-faktor penyebab keberhasilan dari diri kita, organisasi atau masyarakat.

Berdasar pemahaman di atas maka Percakapan 3 Putaran dapat digunakan untuk melakukan refleksi atas action yang telah dilakukan dalam psikodrama. Bagaimana cara melakukan nya ?

Putaran Pertama

Putaran Pertama, menyampaikan pokok-pokok gagasan, ide, pengalaman, refleksi kepada seluruh anggota kelompok.

Setiap dan seluruh anggota membagikan secara ringkas dua tiga pokok (gagasan, ide, pengalaman, hal yang menarik, refleksi) kepada seluruh anggota kelompok. Perkaranya disampaikan secara menyeluruh dan ringkas dengan menggunakan kata ganti orang pertama, Aku atau Saya. Masing-masing anggota kelompok diberi waktu 3 sampai 4 menit saja untuk menyampaikan halnya dan setiap anggota kelompok HARUS menyampaikan.
• Tidak ada peserta/ anggota yang boleh abstain. Semua harus TERLIBAT.
• Catatan: ini merupakan obat rasa minder dan kesombongan diri, bangsa/ masyarakat.
• Setelah setiap orang menyampaikan refleksi, gagasan, pengalaman, pemikiran, ide, kita mengambil waktu sejenak untuk mengingat poin-poin menarik yang disampaikan oleh teman-temanku.

Putaran kedua

Putaran Kedua, menyampaikan apa yang menggerakkan diriku dari YANG KUDENGAR (Mengapresiasi Ungkapan terbaik yang hadir dalam diri temanku)

Setelah mendengarkan sharing seluruh anggota kelompok, masing-masing anggota selama satu atau maksimal dua menit akan MENYAMPAIKAN SATU DUA HAL YANG MENARIK/ MENYENTUH/ MENGGERAKKAN Nalar, Rasa, atau kehendakku yang KUDENGAR DARI TEMAN-TEMANKU. Pada kesempatan ini silahkan menyebut nama. Misalnya: Saya tergerak oleh refleksi Bu Mawar mengenai Gurunya yang melayani para murid dengan rendah hati

Setelah setiap anggota menyampaikan apa yang menarik/ menggerakkan yang disampaikan oleh teman-teman, kita mengambil waktu sejenak (1 menit) untuk menimbang: dari seluruh yang telah kita dengar pada Putaran Pertama dan Putaran Kedua, Hal apakah atau gagasan apakah atau terang apakah yang sekiranya merupakan kehendak bersama yang terbaik bagi kita? Hal apakah yang kiranya menjadi hal terbaik bagi kita?

Putaran Ketiga

Putaran Ketiga, menyampaikan apa yang menjadi kehendak bersama yang terbaik bagi kita.

Masing-masing anggota kelompok, menyampaikan hasil perenungannya kepada kelompok. Bisa SATU KATA, bisa SATU FRASE, bisa SATU KALIMAT.
Ketua kelompok atau salah satu anggota yang ditunjuk bisa menuliskan secara ringkas hal-hal yang disampaikan pada putaran ketiga, yang dapat disharingkan di kelompok besar atau dibacakan di sesi penutup.

Demikian panduan refleksi, apabila peserta Psikodrama banyak dapat dibagi dalam kelompok kecil 4-7 orang agar semua memiliki waktu yang cukup. Catatan di Putaran Ketiga dapat disharingkan secara Pleno di kelompok yang lebih besar, sehingga seluruh peserta dapat mendapatkan lebih banyak pemahaman.

Semoga bermanfaat. Silahkan jika ingin disharingkan dan dipraktekkan.

 

Yogyakarta, 21 Juni 2021

Retmono Adi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.