5 Tips Membangun Kepekaan Sosial


Pagi tadi saat buka WAG ada tulisan yang menarik, mengenai kepekaan sosial yang menurutku sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan saat ini. Oleh karena itu aku copas dan kusimpan serta kubagikan disini. Semoga bermanfaat.

Kepekaan Sosial 

Pagi rekan rekan semua, semoga dalam keadaan baik.. mari kita lanjutkan pembahasan kita, bagaimana caranya agar kita tidak menjadi orang-orang yang tidak peka sosial alias EQ jongkok?

Jawabannya adalah SPACE atau ruang. Selalu beri orang lain ruang gerak. Ruang gerak atau SPACE juga menjadi singkatan yang mengingatkan kita agar senantiasa bertimbang rasa kepada orang lain.

S – Situasinya Ketika kita masuk ke dalam suatu kegiatan atau bahkan group chat di sosial media, bisakah kita mengenali atau membaca situasinya seperti apa? Berusaha lah untuk membaca situasi dan melatih kepekaan

P – Performance Lalu berdasarkan situasi itu, “performa” atau sikap seperti apa yang diharapkan? Apakah saya harus bercanda atau serius? Formal atau informal, dengan orang tua atau anak muda? Tertulis atau lisan? Dengan customer atau dengan rekan sekerja, dan lain lain. semua situasi yang berbeda beda itu menuntut perlakukan yang berbeda-beda pula. Ini namanya kemampuan menyesuaikan diri.

A – Authenticity Menjadi orang yang otentik, tulus, apa adanya, tidak berpura-pura. Jujur tapi bukan naif. Sederhana tapi bukan rendah diri. Rendah hati tapi bukan untuk pamer. Otentisitas adalah sesuatu yang dirasakan bukan dikatakan.

C – Clarity in what you say, jelas dalam perkataan. Kadang “better to be quiet” ketika tidak tau apa yang mesti dikatakan. Bukankah “silence is golden”? kadang kita tidak dituntut untuk terus berbicara. Tidak semua perasaan bisa diungkapkan dengan kata-kata. Jangan takut dengan keheningan. Kadang kebersamaan tanpa suara itu yang dibutuhkan.

E – Empathy Tunjukan kepedulianmu dengan menyapa, menanyakan, mendengarkan dan memperhatikan orang lain. perhatian tulusmu adalah pemberian yang sangat berharga yang bisa kita berikan kepada orang lain. jadi sahabat antusias, yuk kita belajar menjadi orang yang peka. Salam antusias!

Semoga semua keluarga berbahagia🙏

Budi Sukardi Supandi

 

Berdasar tulisan tersebut aku terbayang bahwa hal itu dapat dilatihkan dengan cara Psikodrama. Psikodrama adalah metode kesadaran diri dengan tujuan tertentu, maka Psikodrama tinggal dirancang bertujuan meningkatkan Kesadaran Peran Sosial.

Mau coba ?

Come out and play

 

Yogyakarta, 15 Oktober 2021

Retmono Adi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.