8 Tips Penerapan Psikologi untuk Keberhasilan Negosiasi


Penerapan psikologi untuk mengatasi permasalahan nyata dalam drama kehidupan adalah psikodrama. Bagaimana membangun hubungan yang baik dan saling menguntungkan adalah Negosiasi. Bagaimana kita memainkan drama negoisasi ini,agar tercapai yang kita harapkan? Ada tulisan terjemahkan di bawah ini semoga bermanfaat.

Yuks

  1. Berpenampilan yang baik.

Kesan pertama diperhitungkan dan berdampak pada hasil negosiasi.Berpenampilanlah untuk memberi kesan tertentu. Penampilan yang berani dan profesional menunjukkan keandalan dan kepercayaan diri. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kita peduli dengan pertemuan dan hasilnya.

  1. Praktekkan konsistensi.

Kita perlu konsisten dalam perilaku positif. Ini menunjukkan integritas, kejujuran, dan keandalan kita. Itu membuat orang lain lebih mempercayai kita.

  1. Perhatikan bahasa tubuh.

Perhatikan bahasa tubuh kita sendiri. Terutama sadari frekuensi dan lama kontak mata kita dengan yang kita ajak bicara, ketegasan sikap kita saat berjabat tangan dan ketulusan senyum dan ekspresi wajah lainnya

  1. Perhatikan tanda-tanda selain kata kata

Kita perlu membangun keterlibatan dengan memperhatikan bahasa tubuh lawan bicara kita. Apakah mereka antusias atau bosan tidak tertarik. Periksa juga jangan jangan mereka malah stres. Pastikan kita menilai berdasarkan lebih dari satu tanda untuk setiap kategori.Pertimbangkan setidaknya tiga sinyal untuk menilai apakah mereka tertarik atau tidak tertarik. Bicaralah yang efektif secukupnya usahakan lebih banyak mendengarkan untuk dapat lebih memahami maksudnya.

  1. Berkonsentrasi pada kepentingan utama.

Jangan langsung tergega-gesa menarik pada situasi saat ini. Ini dapat menghasilkan kemarahan. Kita perlu memahami konflik “antara kebutuhan, keinginan, kekhawatiran, dan ketakutan masing-masing pihak”. Ini membantu kita untuk mengendalikan proses negosiasi dan membawanya ke arah yang kita harapkan.

  1. Berkonsentrasi pada masalah.

Kita fokus pada mencari solusi untuk masalah tersebut. Sadari jangan biarkan ego menghalangi. Jangan fokus pada orang kecuali itu penting. Kita perlu menghargai dan menghargai masukan mereka. Ini dapat membuat kita menguasai negosiasi.

  1. Jelajahi berbagai pilihan.

Kita perlu menemukan berbagai solusi yang cocok. Kita perlu juga memberikan pilihan kepada lawan kita.Kita letakkan opsi yang paling kita sukai menjelang akhir. Tanyakan pilihan mereka. Ini memberikan kesempatan mereka melakukan penilaian dalam pilihan-pilihan kita.

  1. Gunakan terminologi kemitraan.

Kata-kata yang tepat memiliki kekuatan untuk mengubah psikologi orang yang sedang berdiskusi dengan kita. Kita hindari menyebut negosiasi. Sebut saja kerjasama, kemitraan, atau kolaborasi. Itu membuat orang lain secara tidak sadar mengkondisikan pemikiran mereka untuk mencapai tujuan yang sama

 

Terjemahan bebas dari utasan twitter @UpSkillYourLife

Psychology Hacks To Win Negotiations

  1. Dress up well.
  2. Practice consistency.
  3. Pay attention to body language.
  4. Check the signs.
  5. Concentrate on interests.
  6. Concentrate on the problem.
  7. Explore options.
  8. Use partnership terminology.

Terima kasih sudah membaca.

 

Yogyakarta, 3 Maret 2022

Retmono Adi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.