PUASA DAN MANAJEMEN Oleh Darmin Ahmad Pella


Puasa merupakan solusi bagi berbagai masalah pribadi, organisasi, bisnis, industri, negara, lingkungan dan dunia. Bagaimana cara kerjanya?

Kita berada di bulan Ramadhan. Bulan di mana selama 29-30 hari, seorang muslim menata kembali gaya hidupnya. Selama bulan Ramadhan, seseorang menahan diri. Menahan diri dari makan, minum, hubungan seksual, serta nafsu emosional perusak diri (marah, berkata buruk, dan sejenisnya). Puasa bukanlah gaya-gayaan dunia modern. Puasa telah dilakukan ribuan tahun. Sejak peradaban manusia muncul. Baik karena alasan religius. Atau non religius.

Puasa memiliki relevansi dengan dunia modern. Kita berada di dunia modern yang penuh masalah. Kita berada di dunia paradoks. Penemuan teknologi dan produktifitas pertanian meningkat dengan pesat, masalah kelaparan dan pengangguran semakin besar di negara maju. Kesejahteraan membumbung tinggi, kesenjangan dan kemiskinan semakin tampak. Pengetahuan bertambah pesat, kebijaksanaan semakin hilang. Dan puasa adalah solusinya. Di dunia di mana konsumsi dan kebebasan pribadi dijunjung sangat tinggi, puasa adalah solusi atas berbagai masalah. Dari keruwetan problematika level dunia, sampai problem level pribadi.

Dari sisi pribadi, banyak sekali manfaat puasa. Seseorang yang tidak makan selama 10–16 jam akan membuat tubuh auto masuk ke simpanan lemak. Untuk melepaskan energi. Asam lemak yang disebut ketone, akan dilepaskan ke dalam aliran darah. Proses ini terbukti melindungi memori dan fungsi belajar, serta memperlambat proses munculnya penyakit di otak dan tubuh. Puasa menyehatkan badan dan meluruskan pikiran. Puasa memunculkan energi lebih dan konsentrasi lebih. Puasa membuat lebih fokus.

Puasa membuat kinerja menjadi lebih tinggi. Terkini, Karem Benzema membuat hattrick sensasional untuk membungkam Chelsea, skor 3-2 untuk Real Madrid, ketika ia sedang berpuasa, dan menjadi headline di seluruh dunia! Baru saja, Zack Tahhan dengan gagah berani memimpin identifikasi dan penangkapan kriminal penembak Brooklyn yang menghilangkan 7 nyawa, ketika ia sedang berpuasa, dan menjadi pahlawan di seantero Amerika! Puasa bukanlah alasan untuk loyo. Puasa adalah alasan terciptanya produktifitas yang lebih tinggi.

Sains menunjukkan, orang yang lebih sehat dan berumur panjang, datang dari kebiasaan berpuasa. Para peneliti di National Institute for Aging di Baltimore telah menemukan bukti bahwa kebiasaan berpuasa dua hari seminggu dapat mencegah efek penyakit Alzheimer & Parkinson.

Dari sisi bisnis dan pengelolaan manajemen organisasi, banyak sekali manfaat puasa. Dari sisi bisnis, puasa memperjelas prioritas. Pengelola bisnis yang berhasil adalah yang paling mampu “berpuasa”. Berpuasa pada penggunaan sumber daya yang berlebihan. “Best organization have best waste management”. Puasa pada penggunaan energi berlebihan, transportasi berlebihan, perencanaan berlebihan, gudang berlebihan, kantor berlebihan, meeting berlebihan, anggaran berlebihan, fasilitas berlebihan atau tunjangan berlebihan. Bisnis paling kompetitif dikelola dari kemampuan mengelola semua biaya yang tidak masuk akal dan berlebihan. Dan itu hanya bisa dicapai kalau ada kesadaran “berpuasa”.

Amazon dan IKEA menggunakan praktik terbaik berpuasa dalam manajemen bisnisnya. Produk yang didesain ringan dan minimalis. Inventori yang dibuat turnover dengan cepat. Penggunaan ruang dan energi yang diminimalisasi. Semuanya karena keinginan berpuasa menggunakan energi dan anggaran berlebih. Hasil akhirnya? Penggunaan emisi karbon lebih rendah. Pelanggan yang lebih bahagia. Dan investor yang lebih puas.

Apa keistimewaan puasa 30 hari? NASA memiliki jawabannya. NASA membuat eksperimen. Setiap astronot diberikan kacamata convex yang membuat segala sesuatu terlihat terbalik. Meja, kantor, pohon, semua menjadi terlihat terbalik 180 derajat. Kacamata itu dipakai 24 jam. 7 hari seminggu. Kacamata terbalik itu bahkan harus dipakai saat tidur. Mereka semua pusing. Stress. Naik tekanan darah. Sesak napas. Dunia menjadi terbalik. Tetapi keajaiban terjadi. Di hari ke-26. Hari itu, seorang astronot mulai melihat dunianya menjadi normal. Sebuah kontak saraf terbangun dan otaknya telah membalikkan situasi menjadi normal. Hari ke 27 s/d k3-30 semua astronot menjadi melihat dengan normal. Meskipun kacamatanya masih dipakai. NASA mencoba eksperimen lagi. Kali ini dalam beberapa hari kacamata dilepas. Hasilnya, hari 26 sampai 30 semuanya masih terbalik! Kesimpulan NASA: manusia membutuhkan waktu 26 s/d 30 hari secara terus menerus untuk membangun jalur syaraf yang baru. Kebiasaan baru. Diri yang baru. Pribadi yang baru.

Ini bisa juga berarti, sebuah kebiasaan lama bisa dirusak. Dan digantikan dengan kebiasaan baru. Bila ia dilatih selama 30 hari terus menerus. Bulan ramadhan, dalam konteks ini, menyediakan jawaban untuk perbaikan bumi, negara dan keluarga yang lebih baik. Bulan ramadhan adalah cara Allah SWT untuk mereset kondisi negara, industri, perusahaan, organisasi atau pribadi agar keluar dari masalah kembali ke jalur yang lebih baik.

Menahan diri adalah bentuk kesadaran yang sangat berharga. Di dunia di mana seseorang atas nama liberalisme berhak melakukan apa saja, kemampuan menahan diri mendapatkan penghargaan luar biasa dari Pencipta.

“Semua perbuatan baik anak Adam adalah untuk dirinya sendiri. Kecuali puasa. Puasa adalah untuk-KU. AKU sendiri yang akan memberikan ganjarannya”. Ini menunjukkan betapa puasa itu sangat berharga. Dan ganjarannya tak berbatas.

Puasa merupakan solusi masalah gaya hidup, krisis ekonomi, kerusakan lingkungan, perubahan iklim, kemiskinan, kelaparan, dan kesenjangan ekonomi. Pandemi Covid-19 telah memberikan puasa pada bumi. Pandemi memaksa manusia berpuasa, menahan diri, dari konsumsi yang merusak bumi. Bumi yang beristirahat menjadi lebih ramah. Setelah pandemi dan ramadhan berlalu, manusia perlu menahan diri lebih banyak lagi. Melibatkan diri dalam puasa kebutuhan duniawi berlebihan. Untuk membuat sumber daya negara kembali dinikmati sebesar-besarnya oleh orang yang lebih berhak (dap).

for more:
dapmanagement.com/insight/

Bila menyukai artikel ini silakan membagikannya.
Ikuti akun twitter @darminapella untuk kultwit manajemen lainnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.