4 Hal Psikodrama Penting bagi Mahasiswa Psikologi Indonesia


Kawan kawan yang melakukan rekrutmen membicarakan tentang lulusan baru  sarjana yang tidak siap untuk bekerja. Sengaja aku tulis informasi dari kawan kawan bukan dari hasill penelitian atau riset ilmiah. Meski demikian informasi tersebut juga sesuai dengan pengalamanku.

Aku pernah menjadi rekrutmen dan mengawal program management trainee, ketika bekerja di perusahaan. Lulusan sarjana baru memang belum siap kerja. Mereka perlu pelatihan dan bimbingan terlebih dahulu untuk dapat bekerja produktif. Memang management trainee adalah program persiapan untuk calon pimpinan masa depan, namun dalam keseharian para lulusan baru ini perlu beradaptasi dalam lingkungan kerjanya. Lingkungan yang berbeda dengan lingkungan kampus. Sebenarnya proses adaptasi ini dapat dilakukan selama mereka masih berstatus mahasiswa.

Ilmu psikologi makin dibutuhkan di semua lini. Hal ini berdasar artikel Kebangkitan Profesi Psikolog,.. maka bahasan ini aku khususkan untuk mahasiswa psikologi. Aku pernah menjadi mahasiswa psikologi. Aku dapat bercerita tentang pengalamanku sendiri. Proses adaptasi itu aku lakukan dengan aktif berorganisasi dan bermain teater. Ada harga yang kubayar untuk itu. Waktu kuliahku menjadi lebih lama dari mahasiswa pada umumnya.

Aku tidak mengajak mahasiswa psikologi untuk memiliki waktu kuliah lebih lama. Gagasan ini juga terinspirasi dari merdeka belajarnya Mas Menteri. Beliau memberikan waktu belajar setara 20 SKS untuk menentukan sendiri bagaimana caranya. Waktu yang dapat digunakan melatih diri mengenal dunia kerja nanti. Lingkungan atau situasi dunia industri dan organisasi yang menuntut peran untuk berkontribusi. Kontribusi bagi organisasi baik berupa pikiran, tindakan ataupun ucapan..

Latihan ini dapat dilakukan dengan terlibat langsung di organisasi atau komunitas apa saja, namun karena ini mahasiswa psikologi, maka komunitas teater memiliki posisi selaras. Psikologi dan teater sama sama mengeluti perilaku atau karakter. Instrumen yang diolah adalah rasa, pikiran, dan tindakan.

Nah psikodrama adalah nama yang dapat digunakan untuk menjembatani antara praktek dan teori psikologi. Psikodrama adalah psikologi terapan. Ilmu psikologi dapat diterapkan dengan psikodrama. Dalam komunitas teater mahasiswa psikologi dapat mempraktekkan pemahaman ilmu psikologinya.

Ada anggapan bahwa praktek psikolgi harus mendapatkan surat ijin praktek terlebih dahulu.

Ya, kalau memang untuk praktek profesional, lah kalau belajar kok ngga boleh praktek,..kapan paham nya?

Bukannya kemahiran akan meningkat sebanding dengan waktu praktek yang telah dilakukan?

Sebenarnya tiap orang boleh kok praktek ilmu psikologi. Peran sebagai seorang pribadi, sebagai ayah, sebagai marketer, sebagai ilustrator anime, dll. tidak perlu sertifikat atau ijin praktek psikologi dan harus bergelar psikolog. Apalagi peran sebagai mahasiswa tentu boleh mempraktekkan ilmu psikologinya. Mahasiswa perlu segera menerapkan atau mempraktekkan ilmu psikologi untuk diri sendiri dan lingkungannya. Sejauh bukan menerapkan dalam praktek profesional penanganan permasalahan psikologi klinis.

Mahasiswa psikologi perlu segera mempraktekkan apa yang telah didapatkan di kelas agar lebih mendalami ilmunya dan lebih mampu bereksplorasi demi pengembangannya. Pengembangan diri maupun pengembangan ilmu psikologi itu sendiri.

Psikodrama menyediakan kesemuanya itu.

  1. Psikodrama menekankan proses kesadaran drama dalam diri sendiri terlebih dahulu agar dapat lebih memahami, dalam membantu drama hidup orang lain (baik pribadi maupun kelompok)
  2. Psikodrama dapat diterapkan dalam berbagai ranah kehidupan, sama dengan panggung pertunjukkan yang dapat digunakan untuk pentas drama. Apa saja tergantung pada minat dan kemampuan tiap orang.
  3. Metode penerarapan psikodrama sama baik untuk non klinis maupun klinis. Mahasiswa dapat mulai mempraktekkannya Sejauh tidak diterapkan dalam ranah klinis psikodrama dapat dipraktekkan. Pengalaman praktek ini berguna nanti pada waktunya, bila telah menjadi Psikolog, telah mendapatkan legalitas dan wewenangnya, mereka akan langsung punya pengalaman mempraktekkan metodenya.
  4. Indonesia adalah negara yang memiliki banyak potensi bencana. Kebutuhan relawan di Indonesia akan dapat didukung dengan kualitas layanan oleh mahasiswa yang telah dipersiapkan. Psikodrama dapat menyiapkan mahasiswa untuk menjadi relawan bencana. Mereka dapat melakukan dukungan sosial yang dibutuhkan para penyintas bencana.

Mari kita mainkan !

Yogyakarta, 26 Mei 2022

Retmono Adi

Satu tanggapan untuk “4 Hal Psikodrama Penting bagi Mahasiswa Psikologi Indonesia

  1. Jadi dapat suntikan keberanian buat mahasiswa psikologi berani berperan tidak hanya menjadi mahasiswa yg tau teorinya saja melainkan dapat berpraktik di semua implementasi dalam kehidupan.

    Terimakasih atas tulisannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.