Tangung Jawab Pemimpin Adalah Menciptakan Lingkungan yang Membuat Orang-orang Berani Bersuara


Tulisan ini selaras dengan prinsip Psikodrama, maka aku simpan disini. Semoga bermanfaat bagi kawan kawan yang tertarik untuk menjadi pemimpin.

Selamat menikmati.

Ciptakan Lingkungan yang Membuat Orang-orang Berani Bersuara

Ketika orang-orang diminta berbagi masalah atau menawarkan ide untuk organisasi, apa yang terjadi? Apakah mereka terdiam? Apakah mereka menarik diri? Apakah mereka menghindari kontak mata dan berusaha untuk tidak tampak mencolok? Jika ya, kita tidak bekerja di lingkungan yang mendukung keberanian bersuara. Sebagai pemimpin, kita harus berupaya mengubahnya.

Dalam lingkungan yang mendukung keberanian bersuara, komentar disambut, partisipasi didorong, dan ide-ide bagus dihargai, orang-orang tidak merasa pekerjaan mereka terancam setiap kali mereka berbagi masalah. Mereka juga tidak merasa seakan-akan dikerdilkan atau diremehkan setiap kali mereka berbagi ide buruk.

Untuk mengembangkan lingkungan semacam ini, kita perlu mengenalkan suasana yang mendukung ide terbaik menjadi pemenang. Jika orang didorong untuk berbagi ide apa pun, mereka pun belajar bahwa lebih banyak ide akan menghasilkan ide-ide yang baik, dan lebih banyak ide bagus akan menghasilkan ide-ide luar biasa. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat saat kita mendorong orang-orang untuk bersuara:
– Jangan pernah mempromosikan keyakinan bahwa kita selalu memiliki solusi terbaik. Ini akan membuat orang lain bergantung pada kita dan cenderung tidak mau bersuara.
– Mengajukan pertanyaan: Dengan mengajukan serangkai pertanyaan, kita dapat membantu orang-orang menganalisis masalah dan mempertimbangkan seluruh solusi.
– Berupaya menjadi pelatih, bukan raja. Pelatih memunculkan hal terbaik dalam diri orang lain, membantu mereka menjangkau lebih jauh ke dalam diri mereka dan menemukan potensi mereka sedangkan raja memberi perintah.

Ingatlah, para pemimpin terbaik membantu orang lain untuk melihat dan menyelesaikan masalah tanpa kehadiran mereka.

Mensosialisasikan Ide

Paul Larkin dari Lennox International menyebut sosialisasi ide. Ini strategi ketika para pemimpin berbagi ide secara informal sepanjang hari agar ide tersebut mendapatkan penerimaan sebelum diimplementasikan secara formal. Dengan cara ini, para pengikut kita tidak buta informasi. Mereka memiliki kesempatan untuk memikirkan ide, dan punya cukup waktu untuk mengembangkan ide. Ketika mereka melakukannya, tingkat kepercayaan pun meningkat secara dramatis.

Salam Menjadi Pengubah Masalah Jadi Peluang,

Mr. SorChan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.