Spiritualitas adalah Kesadaran Peran dengan Misinya


Ini merupakan catatan pribadiku yang kudapatkan dari mengikuti seminar online mengenai spiritualitas. Kudapatkan pernyataan dalam seminar itu, bahwa spiritualitas adalah bertemunya identitas diri dengan perutusan. Aku gunakan istilahku sendiri agar sesuai dengan psikodrama yaitu, Keselarasan antara peran dengan misinya.

Contohnya :

Peran sebagai mahasiswa, disadari memiliki misi untuk mendapatkan ijasah. Apabila misi ini dilakukan dengan benar maka pengetahuan dan pengalaman akan bertambah untuk modal menjalani tugas perkembangan hidup selanjutnya.

Peran sebagai karyawan, disadari memiliki misi menjalankan KPI, sebagai bukti produktivitasnya. Apabila misi tersebut dilakukan dengan benar maka penilaian karyanya menjadi baik. Hasil ini akan menjadi modal untuk karir kerja selanjutnya. Bila dihubungkan dengan hasil mendapatkah upah, akan dapat digunakan untuk menjalankan peran lainnya sebagai kepala keluarga (misalnya).

Sederhana memang, dalam penulisannya, namun pada prakteknya perlu perjuangan yang tidak mudah. Khususnya dalam memastikan apakah peran dan misinya selaras. Banyak hal yang menjadikan peran menjadi kacau, atau juga misi menjadi tidak jelas. Banyak tuntutan peran yang tanpa disadari maupun disadari tidak dapat dihindari.

Misalnya,

Peran menjadi mahasiswa dituntut juga menjalankan peran sebagai kekasih atau calon mantu, ditambah menjadi pencari nafkah.

Peran menjadi karyawan dituntut juga menjalankan peran menjadi penjaga rahasia atasan yang melakukan kecurangan, baik perilaku kriminal maupun etika.

Ya, peran dalam hidup tidak tunggal, perlu usaha agar mampu berani menjalankan peran sebagai identitas diri sehingga menjadi legacy. Salah satu cara untuk melatih kesadaran peran adalah refleksi yaitu melihat kembali perjalanan hidup sendiri dengan dibimbing oleh orang yang memahami.

 

Demikian semoga dapat menjadi pengingat diri,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.